Saturday, December 11, 2010

LEAKS!

LEAK, dibaca le-ak, legenda dari Bali slalu bikin heboh & membuat takut sebagian orang. Bagamana jika mereka datang dari berbagai tempat & berkumpul di dunia maya membentuk sebuah komunitas, LEAKS! (dibaca: liks!). Btapa dahsyat perasaan takut yang mendera pihak-pihak yang 'disatroni'. 'Para pelaku leak' itupun kini diamankan. Kendati demikian, ada satu hal yang terlupa, bahwa fisik mereka boleh terkurung, namun 'ruh' yg di sini kita sebut sebagai 'wiki' telah menyebar ke mana-mana.

Meski sejak beberapa waktu lalu situs-situs mereka tidak dapat diakses, situs-situs dokumenter lain telah membukukan sebagian bahan yang mereka miliki. Masih banyak informasi berupa dokumen cetak, audio dan/atau visual yang dapat diakses para pencari 'kebenaran' di seluruh kolong langit. Cobalah Anda cari topik tentang misalnya Collateral Murder, Perang Iraq, Anda akan menemukan ratusan megabytes data di dunia maya.

Satu kebijaksanaan yang dapat kita petik dari wikileaks adalah ruh yang mengajak kita senantiasa melandasi segala perbuatan dengan KETULUSAN. Sudah banyak kerusakan di muka bumi yang diakibatkan oleh kepentingan segelintir orang, oleh berbagai harapan untuk mendapatkan imbalan material ataupun sekadar pujian yang dilakukan oleh para penguasa, orang-orang yang seharusnya melindungi. Pihak-pihak yang disebut sebagai 'para pelaku' kini menunggu kemurahan hidup, semoga raga mereka lekas dapat 'menemui arwah mereka' kembali di dunia maya! Allahu a'lam.

"Sesungguhnya manusia takkan bisa menikmati syurga, tanpa ikhlas di hatinya... Sesungguhnya manusia takkan bisa menyentuh nikmat-NYA, tanpa tulus di hatinya...-Ungu, Sesungguhnya"

[dipersembahkan untuk Julian Assange, dkk, Wikileaks.org]



No comments: