Sunday, March 5, 2023

PASAR TURI YANG MENYEPI

Ini adalah wajah baru Pasar Turi atau, sesuai dengan emblem yang tertera pada sisi bangunan, disebut sebagai "Pasar Turi Baru". Pasar Turi di dekat Tugu Pahlawan, Bubutan ini mungkin adalah salah satu pasar konvensional terbesar dan tertua yang masih ada hingga kini. Pasar yang menjadi salah satu icon Kota Surabaya ini diperkirakan sudah ada sejak 800-an tahun silam. Tidak sebatas warga Surabaya atau Jawa Timur yang mengenal tempat ini, hampir semua orang minimal pernah mendengar namanya.

Ketika foto ini diambil pada 26 Februari 2023, suasana pasar ini sudah sangat berbeda dengan 20-an tahun lalu. Keramaian di hari Minggu sudah tak tampak lagi seperti dulu, meskipun secara resmi Pasar Turi Baru telah beroperasi sejak tahun lalu. Perubahan generasi dan demografi, perubahan layout Kota, perubahan selera dan kebiasaan masyarakat, mungkin menjadi 3 dari sekian banyak penyebab perubahan suasana pasar ini. Di seberang jalan sudah berdiri PGS (Pusat Grosir Surabaya) sejak beberapa tahun silam, pun dengan tingkat hunian los yang juga tidak optimal. Jika menyeberangi rel kereta dari PGS kita juga bisa temukan pusat grosir baru lainnya yaitu Dupak Grosir yang oleh sebagian masyarakat tampaknya dianggap lebih merepresentasikan Pasar Turi lama. 

Faktanya, di samping pertumbuhan pusat perbelanjaan Kota Surabaya yang cukup konstan, terdapat sejumlah pusat perbelanjaan yang mati atau mengalami sekarat. Salah satu yang cukup mengenaskan adalah Mall THR atau Hi-Tech Mall, pusat perbelanjaan komputer di Jalan Kusuma Bangsa, Tambaksari yang juga sempat di puncak kejayaan sekitar 2 dekade silam. Mall di samping Taman Hiburan Rakyat (THR) Kota Surabaya ini beberapa tahun terakhir tampak sepi dan tak terurus. Demikian pula dengan JMP (Jembatan Merah Plasa) di samping situs legendaris Jembatan Merah Krembangan yang mengalami penurunan keramaian. Apakah mereka akan mampu berevolusi dan bertahan? Waktu yang akan menjawabnya.

No comments:

Putri, Berkah Untuk Semua

Belum reda euforia atas kemenangan Tim Nasional Sepakbola kita di ajang SEA Games XXXII Cambodia, kini bangsa Indonesia kembali dibuat bangg...